Kedai Kopi Espresso Bar

Overview

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat di gemari saat ini, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa banyak yang menyukainya. Semakin banyak pecinta kopi, maka makin bermunculan kedai kopi dengan menawarkan menu yang bervariasi. Mulai dari kopi yang disajikan dengan di blend (kombinasi) hingga menghasilkan citarasa yang unik, sampai dengan kopi hitam kental dengan origin (asal) daerah tertentu.

Data dari International Coffee Organization (ICO) mencatat, pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar dari pada dunia pada umumnya

Tren peningkatan konsumsi kopi ini juga tercermin di kanal jual beli online. Berdasarkan data salah satu e-commerce jual beli barang, penjualan kopi di platform marketplace-nya meningkat hampir tiga kali lipat. Dari yang sebelumnya sekitar 40 ribu produk pada 2016 menjadi hampir 120 ribu produk selama 2017.

Kesuksesan usaha Kedai Kopi dipengaruhi Pertama, dari cita rasa yang enak kemampuan dari para barista hasilkan racikan yang tepat. Kedua, dari lokasi yang strategis mudah dijangkau oleh target market. Ketiga, fasilitas dan suasana tempat yang nyaman. Keempat, Pelayanan yang ramah dari para Barista dan Pelayan. Kelima, Brand/merek yang dikenal, dimana kedai kopi harus terus lakukan inovasi-inovasi sehingga menjadi merek yang dicintai.

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat di gemari saat ini, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa banyak yang menyukainya. Semakin banyak pecinta kopi, maka makin bermunculan kedai kopi dengan menawarkan menu yang bervariasi. Mulai dari kopi yang disajikan dengan di blend (kombinasi) hingga menghasilkan citarasa yang unik, sampai dengan kopi hitam kental dengan origin (asal) daerah tertentu.

Data dari International Coffee Organization (ICO) mencatat, pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar dari pada dunia pada umumnya

Tren peningkatan konsumsi kopi ini juga tercermin di kanal jual beli online. Berdasarkan data salah satu e-commerce jual beli barang, penjualan kopi di platform marketplace-nya meningkat hampir tiga kali lipat. Dari yang sebelumnya sekitar 40 ribu produk pada 2016 menjadi hampir 120 ribu produk selama 2017.

Kesuksesan usaha Kedai Kopi dipengaruhi Pertama, dari cita rasa yang enak kemampuan dari para barista hasilkan racikan yang tepat. Kedua, dari lokasi yang strategis mudah dijangkau oleh target market. Ketiga, fasilitas dan suasana tempat yang nyaman. Keempat, Pelayanan yang ramah dari para Barista dan Pelayan. Kelima, Brand/merek yang dikenal, dimana kedai kopi harus terus lakukan inovasi-inovasi sehingga menjadi merek yang dicintai.

Achievement

Dalam perjalanan 18 tahun berkarya di Yogyakarta, Kedai Kopi Espresso Bar telah menorehkan banyak prestasi baik lokal maupun internasional diantaranya :

  1. 1
    Berperan mengenalkan cara minum kopi yang sehat

    Berperan mengenalkan cara minum kopi yang sehat dengan
    konsep warung kopi modern pertama di Yogyakarta sejak
    tahun 2004.

  2. 2
    Berperan membukan lapangan kerja padat

    Berperan membukan lapangan kerja padat karya melalui
    profesi Barista (Peracik Kopi), dan hingga saat ini telah
    melahirkan lebih dari 1.000 orang Barista yang masih bekerjasa
    secara profesional ataupun mendirikan warung kopi sendiri.

  3. 3
    Prestasi nasional dan internasional di bidang Barista

    a. Juara 1 dan Juara Harapan 1 di ajang Indonesian Barista
    Championship tahun 2011 dalam ajang Food & Hotel
    Indonesia Festival di Jakarta Convention Centre

    b. Juara 2 di ajang Asia Pasific Barista Challenge di Food & Hotel
    Asia Festifal di Singapura tahun 2012, dan turut mengenalkan
    Kopi Joss dari Yogyakarta sebagai salah satu budaya Ngopi
    Nusantara dalam kejuaran tersebut.

    c. Juara 1, 2 dan juara Harapan 1 di ajang Indonesian Barista
    Championship tahun 2013 untuk regional Yogyakarta dan
    Jawa Tengah di balai budaya kampus UGM

    d. Juara 1 dan juara Harapan 1 di ajang Java Barista Competition
    di Semarang tahun 2014.

  4. 4
    Prestasi nasional dan internasional di bidang kopi

    a. Menjadi official partner menyiapkan kopi untuk Bapak Presiden dan tamu VVIP dalam acara
    Haornas & Ulang Tahun PSSI di stadion Mandala Krida tahun 2013.

    b. Menjadi official partner menyiapkan kopi untuk tamu VVIP dan Kedutaan Besar Jepang dalam
    ajang Jogjakarta Internasional Heritage Walk (JIHW) di Museum Candi Prambanan dan Ndalem
    Wironegaran tahun 2013.

    c. Penghargaaan Penggiat Pangan Lokal dari kementrian KUMKM di Smesco Jakarta tahun 20114.

    d. Undangan khusus dari Kementerian Pariwisata dan Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSIO)
    sebagai peserta pelatihan calon Assesor Kompetensi Profesi Barista untuk wilayah Yogyakarta
    dan Jawa Tengah tahun 2014.

    e. Undangan khusus dari Kementerian Perindustrian sebagai peserta pelatihan bersertifikat untuk
    sangrai kopi (roasting class) dengan DR. Manuel Diaz pada Maret 2018.

    f. Menjadi stand kuliner terbaik dalam ajang Bazar Forum Bisnis (Forbis) Alumni Gontor, di Pondok
    Modern Darussalam, Gontor, Ponorogo Jawa Timur 22 – 28 juni 2018.

    g.Mendapat hibah mesin sangrai (roasting machine) dari Kementerian Perindustrian Republik
    Indonesia pada September 2018.

  5. 5
    Pendampingan dan pengabdian masyarakat :

    a. Menjadi strategic partner untuk petani dan koperasi petani kopi Merapi sejak Juni 2013.

    b. Mengadakan acara tanam pohon kopi masal dalam acara “Peduli Kopi Merapi”, di Cangkringan, Minggu 3 Nopember 2013.

    c. Mengadakan workshop Kopi Merapi dengan tema “Mitos dan Fakta tentang Kopi Merapi”, di Pakem, Minggu 2 Nopember 2014.

    d. Mengadakan Sehari bersama Kopi Merapi dengan rangkaian acara Bazzar Kopi Nusantara dari 20 gerai warung kopi modern se Jogja, Donor
    Darah, Tanam Kopi Merapi dengan BNPB, penyuluhan petani kopi dengan para pakar, lomba Latte Art sepulau Jawa dan di tutup dengan Ngaji
    Bareng Cak Nun dan Kyai Kanjeng di Cangkringan, Minggu 1 Nopember 2013

    e. Sebagai salah satu mentor untuk pelatihan dan pendampingan petani kopi Merapi dalam acara bimbingan teknis tahunan dinas pertanian
    kabupaten Sleman sejak 2005 – 2007.

    f. Sebagai tamu undangan sharing tentang kopi dengan pokdarwis desa wisata Nglinggo Kulon Progo, Dinas Pertanian dan Perkebunan DIY, Dinas
    Pertanian dan Perkebunan Sumatera Barat, Bappeda Kabupaten Pekalongan, Bappeda Kabupaten Kerinci, dan lainnya.

  6. 6
    Berpengalaman sejak tahun 2004
  7. 7
    Menciptakan 1000 ++ Barista
  8. 8
    Menebar 1.000.000 ++ BIBIT Kopi di Merapi, Jogja
  9. 9
    2nd Winner Asia Pacific Barista Challenge tahun 2012
  10. 10
    THE WINNER Indonesia Barista Championship 2011 dan 2013
  11. 11
    The Winner Java Barista Competition 2014
  12. 12
    Best Improvement Coffee, Tea & Chocolate Award

Konsep Low Cost Franchise

Kerjasama Fee

Kerjasama Fee adalah biaya sewa atas penggunaan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) berupa Merek yang diikuti perangkat pendukungnya terdiri atas Standart Operating Procedure (SOP), Besar kerjasama fee sebesar Rp. 5.000.000,- per tahun atau Rp.416.666,- per bulan. Jangka waktu Kerjasama selama lima tahun dengan total biaya Rp.25.000.000,-

SUPPORT SYSTEM FEE

Supporting fee / Support System Fee adalah biaya sewa atas sistem pendukung, dukungan yang diberikan berupa bimbingan operasional, manajemen, penelitian dan pengembangan produk, strategi bisnis, analisis bisnis dan pemasaran. Support System Fee menggunakan sistem Range dengan kisaran 5% dari omset kotor.

MARKETING BERSAMA

Marketing bersama adalah biaya iklan yang dikeluarkan oleh mitra dan digunakan seluruhnya untuk iklan online (internet dan atau social media) atau kegiatan marketing bersama lainnya, penyelenggara kegiatan iklan dijalankan oleh franchisor merupakan fasilitas dari manajemen pusat/franchisor kepada para mitra.

Keuntungan dari konsep ini

Bagi mitra tidak terlalu diberatkan dari berbagai macam fee yang besar nilainya (seperti pada high cost investment dimana franchise fee bisa mencapai angka puluhan atau ratusan juta rupiah). Cost pembukaan outlet baru tidak terlalu tinggi (diluar biaya mesin dan peralatan)

3 Langkah Menuju Sukses

Berikut ini adalah 3 Langkah Menuju Sukses dan bergabung bersama kami :

Langkah 1

– Pembayaran Analysis Fee Rp. 500.000
– Pengisian dan Penjelasan Prospektus dan Form Aplikasi Calon Francisee
– Pengembalian Form Aplikasi Calon Franchisee ke Franchisor

Langkah 2

– Pembayaran Survey Lokasi dan Lock Area 10 Juta
– Survey lokasi * + Penandatanganan HoA
– Pembayaran 1 paket investasi?
– Pengiriman dokumen pendukung
– Persiapan perlengkapan **
– Pelunasan paket investasi + biaya pengiriman dan akomodasi trainer

Langkah 3

– Training SDM
– Grand Opening Outlet
– Penandatanganan SPK (Surat Perjanjian Kerjasama)
– Supervisi oleh Trainer
– Outlet mulai menerima Order

DUKUNGAN SISTEM DAN MANAJEMEN

PRE-OPERATION SUPPORT

1. Persiapan Rancangan Kedai/Outlet
2. Training SDM :
a. Mendapatkan Buku Panduan Standart Operating Procedure (SOP)
b. Pelatihan Training Barista dan Owner (3 hari) :
– Training pembuatan menu dan dasar-dasar Kopi
– Training Administrasi dan Penggunaan Software Transaksi
– Training Marketing dan Strategi Sukses Bisnis untuk mencapai Target Pendapatan..
– Training Perawatan Mesin dan Peralatan
– Training Perihal Maintenance SDM
c. Pendampingan / Supervisi Barista dan Owner (3 hari)

DUKUNGAN SISTEM DAN MANAJEMEN

PASCA OPENING

  • Supply bahan baku kopi , papper cup, cup to go ice, premix krimmer, dll
  • Rutin pengarahan marketing strategy untuk peningkatan omset
  • Pendampingan Jarak Jauh kegiatan operasional rutin
  • Kegiatan analisis perkembangan outlet/kedai secara berkala.
  • Kegiatan Marketing online oleh Manajemen Pusat
GET IN TOUCH

Punya Pertanyaan ?

Bila ada pertanyaan, masukan, informasi kerja sama. Silahkan hubungi kami sesuai jam operasional . Kami dengan senang hati akan membantu sesuai dengan kebutuhan anda

info@simplygroup.co.id

marketing.simplyfresh@gmail.com

0857 4066 0666 / 0823 3740 0666

Jl. Monjali No.251, Gemangan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222

  • 5 + 45 =

    Ketertarikan Anda untuk bermitra adalah hal yang kami anggap serius. Simply Group sebagai grup franchise yang pada tahun 2018 sudah memiliki 4 brand terkemuka dan kini telah memiliki 330 cabang dari total empat brand terkemuka, siap berbagi visi dengan Anda. Dengan tim yang profesional dan solid, Simply Group akan dengan senang hati membantu membangun impian Anda membangun bisnis sendiri.

    ADDRESS

    Jl. Monjali No.251, Gemangan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222

    PHONE

    0857 4066 0666

    EMAIL

    info@simplygroup.co.id